Conan

Minggu, 22 September 2013

Seragam sekolah Jepang

Sering sekali kita melihat seragam2 di Jepang seperti seragam2 sailor. Pakaian ala sailor merupakan ide seorang kepala sekolah Fukuoka jo gakuin, Ibu Elizabeth Lee. Dulu tuh cewek2 di Jepang kalo sekolah pakeknya kimono, tapi karena sekolah memakai kimono dirasa tidak nyaman maka diganti dengan pakaian ala sailor ini. 

          Terus pertama kali rok ala sailor ini dibuat masih berbentuk panjang dan lurus jadi pernah ada cewek yang roknya sobek pas olah raga. Kemudian sekolah itupun merubah model roknya dengan menambahkan lipatan2 di rok. Dulu rok itu masih di bawah lutut tapi sekarang kok udah jauh di atas lutut ya?????

          Di beberapa sekolah seragam sailor udah ngga' dipake' lagi, tapi diganti dengan blazer atau kemeja putih berlengan pendek atau panjang. Tapi rok yang dikenakan sama saja….pendek ! Anak-anak SMA lebih modis dan punya gaya berseragam yang unik-unik.
          Kalo' seragam cowok di Jepang yang dulu hampir mirip dengan seragam militer tapi karena aneh dilihatnya maka seragam cowok di Jepang sekarang di ganti dengan memakai jas dan dasi, ini gambarnya.
          Coba' liat sepatunya ! samakan ! Itu karena di Jepang tidak semua sekolah boleh mengenakan sepatu bebas, biasanya sepatu telah disediakan sekolah lengkap dengan seragam dan tas. Jadi kalo di liat tuh sesekolah tas ama sepatunya sama semua.





         Kewajiban untuk mengenakan tas dan sepatu  asli sekolah ini bertujuan agar tidak ada siswa yang iri kepada tas dan sepatu temannya dan untuk memperlihatkan ciri khas dari sekolah tersebut agar siswanya mudah diketahui identitas sekolahnya.





           Seragam sekolah di Jepang sering berubah2 karena ada perubahan musim. Jadi setiap musim Siswa Jepang mempunya serfagam sekolah yang berbeda dengan musim sebelumnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar